Pengangguran di Bojonegoro Mencapai 23.206 Orang

0
323

Reporter: Muhamad Fatoni

kilasbojonegoro.com – Jumlah pengangguran di Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur sangat tinggi. Berdasarakan data dari Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Bojonegoro tahun 2018, angka pengangguran di Kota Ledre (sebutan lain Kota Bojonegoro) mencapai 23.206 orang.

“Sekitar 23.206 orang (menganggur),” terang Kepala Disperinaker Bojonegoro, Agus Supriyanto, ditemui usai sosialisasi rencana kerja dan rekrutmen tenaga kerja Proyek Gas Jambaran Tiung Biru (JTB) di Pendopo Kecamatan Purwosari, Selasa (27/3/2018) kemarin.

Angka pengangguran itu, kata Mantan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Bojonegoro ini, meningkat dibandingkan 2017 lalu.

“Ada sedikit peningkatan,” ujarnya tanpa menyebut detail jumlah peningkatan itu.

Peningkatan jumlah pengangguran di tahun ini dipengaruhi oleh berbagai faktor. Selain dampak berakhirnya pembangunan Proyek Minyak dan Gas Bumi (migas) Banyuurip Blok Cepu, setiap tahun ada kelulusan sekolah.

Disperinaker Bojonegoro sendiri telah berusaha menekan angka pengangguran dengan berbagai upaya. Seperti mengadakan bursa kerja umum di Disperinaker dan bursa kerja khusus di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Namun, hal itu belum mampu mengurangi jumlah pengangguran secara signifikan.

Agus Supriyanto berharap, dengan dimulainya pembangunan Proyek Fasilitas Pemrosesan Gas (Gas Processing Facility/GPF) Jambaran Tiung Biru (JTB) di Bojonegoro dapat mengurangi angka pengangguran. (red/oni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here