Pemuda Pancasila Bojonegoro Demo EMCL

0
185
Foto: Pengunjuk rasa menyampaikan tuntutannya kepada EMCL

Reporter: Muhamad Fatoni

kilasbojonegoro.com – Ratusan warga yang tergabung dalam Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC PP) Kabupaten Bojonegoro hari ini melakukan aksi unjuk rasa (unras) damai di jembatan layang (fly over) ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), Rabu (14/3/2018) siang.

Unras tersebut sebagai bentuk protes terhadap Operator Lapangan Migas Banyuurip Blok Cepu yang dinilai belum menjalankan amanah Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bojonegoro Nomor 23 tahun 2011 tentang Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Daerah Dalam Pelaksanaan Eksplorasi dan Eksploitasi serta Pengolahan Minyak dan Gas Bumi di Kabupaten Bojonegoro.

Dalam orasinya, Perwakilan MPC PP, Suryadi menyampaikan sejumlah tuntutan kepada EMCL. Di antaranya, meminta EMCL memberikan hak kepada warga lokal terkait pekerjaan nonskill; meminta EMCL transparan dalam menggelontorkan program tanggungjawab sosial (Corporate Social Responcibility/CSR); meminta EMCL menyelesaikan sengketa lahan milik warga.

“Dan, meminta EMCL menyelesaikan masalah warga yang keracunan H2S pada 2016 lalu,” ujar Suryadi dengan pengeras suara.

Setelah menyampaikan tuntutannya itu, mereka meminta EMCL menemui para pengunjuk rasa di fly over. Permintaan tersebut diakomodir oleh pihak EMCL. EMCL kemudian mengajak Perwakilan MPC PP Bojonegoro untuk bermediasi di dalam area proyek negara tersebut.

Menanggapi aksi unras ini, Juru bicara dan Humas EMCL, Rexy Mawardijaya mengatakan, pihaknya menghargai penyampaian aspirasi dan informasi dari masyarakat melalui dialog dan cara damai.

Unras tersebut berlangsung aman, damai dan lancar. Tidak ada tindakan perbuatan melanggar hukum dilakukan demonstran. (red/oni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here