Pemerintah Resmi Batalkan Pengadaan Tanah di Kaliombo

0
95

Oleh: Gus Toni

Purwosari – Sosialisasi pembatalan pengadaan tanah untuk pengembangan proyek gas unitisasi Jambaran – Tiung Biru (J-TB) di Desa Kaliombo Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur telah selesai digelar.

Meski para pemilik lahan sepakat menolak pembatalan dan meminta proses pengadaan tanah di wilayah setempat tetap dilanjutkan, namun Operator Lapangan Gas Unitisasi J-TB, PT Pertamina EP Cepu (PEPC) tetap mengikuti intruksi pemerintah.

“Bagaimanapun juga ini keputusan pemerintah, sebagai pihak operator lapangan, kita mendukung kebijakan dari pemerintah,” ujar Bagian Hukum dan Humas PEPC, Wisnu Bahriansyah, Rabu (2/11/2016).

Wisnu menegaskan, pembatalan pengadaan lahan di Kaliombo dan Kalisumber Kecamatan Tambakrejo ini sebenarnya sudah direncanakan sejak lama oleh pemerintah, dengan berbagai pertimbangan teknis.

“Jadi, jangan dianggap ini tiba-tiba. Hal ini murni kebijakan pemerintah. Ada suratnya dari SKK Migas (Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi),” tegasnya.

Sehubungan dengan pembatalan pengadaan lahan ini, Pelaksana Tugas (Plt) Camat Purwosari, Mochammad Chosim meminta kepada para pemilik lahan memahami dan menerima keputusan pemerintah.

“Jangan sampai ada gejolak sosial di kemudian hari,” pintanya.

Untuk diketahui, proses pengadaan lahan di Kaliombo sudah berlangsung sejak 2014 lalu. Namun, dibatalkan pada pertengahan 2016 dengan alasan harga gas dunia saat ini berada di titik paling rendah. (gus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here