Kades Mojodelik Lawatan ke Lapangan Banyuurip Blok Cepu

0
172

Oleh: M. Fatoni

kilasBojonegoro.com – Kepala Desa (Kades) dan 30 Kader PKK Desa Mojodelik Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro melakukan lawatan ke Lapangan Migas Banyuurip Blok Cepu, Senin (26/12/2016). Para ibu aktivis posyandu dari delapan dusun di desa tersebut ditemani oleh manajemen ExxonMobil Cepu Limited (EMCL).

“Kami ke sini ingin mengetahui kegiatan di dalam,” ucap Kades Mojodelik, Yuntik Rahayu.

Menurut Yuntik, selama ini warga hanya menerka dan tidak tahu apa yang dilkerjakan di dalam fasilitas Lapangan Banyu Urip. Dengan kunjungan ini dia berharap masyarakat bisa melihat sendiri.

“Saya ingin kunjungan seperti ini dilakukan tidak hari ini saja, tapi ada kelanjutannya,” imbuhnya.

Perwakilan EMCL, Ichwan Arifin menyambut baik kedatangan Kepala Desa bersama warga tersebut. Menurutnya, selama ini EMCL sangat terbuka terhadap masyarakat yang ingin berkunjung ke fasilitas negara tersebut.

“Namun memang ada prosedur yang diterapkan untuk menjaga keselamatan kita semua,” katanya menerangkan.

Ichwan juga menganggap bahwa kunjungan ini bagian kunjung balas terhadap EMCL yang selama ini sering ke desa Mojodelik. Dia pun memperkenalkan satu persatu personil EMCL yang hadir dalam kunjungan tersebut.

“Biasanya kita yang ke Balai Desa atau ketemu ngopi di warung. Kami merasa terhormat dikunjungi ibu-ibu,” ujar dia.

Dalam kunjungan ini, tim keselamatan EMCL juga hadir menjelaskan cara kerja sistem fasilitas produksi Lapangan Banyu Urip. Perwakilan tim juga memperlihatkan data-data pengamatan sensor keselamatan yang terhubung dengan sistem. Berbagai pertanyaan diajukan para ibu, termasuk yang berkaitan dengan keluhan bau dari masyarakat.

“Penjelasan seperti ini yang kita butuhkan selama ini,” jelas Bu Patrem, warga Dusun Samben. (oni/roz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here