FTBM Bojonegoro Adakan Essay Competition

0
276

Reporter: Muhamad Fatoni

kilasbojonegoro.com – Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Bojonegoro mengundang warga Bojonegoro untuk menuangkan gagasann tentang “Lumbung Migas dan Kemiskinan” dalam bentuk esai, yakni karangan bebas tertulis yang membahas suatu masalah dari sudut pandang pribadi penulis.

“Kami berpendapat, judul Lumbung Migas dan Kemiskinan realistis diambil karena bersifat informatif dan memberikan pengetahuan kepada masyarakat, seiring pertumbuhan ekonomi di daerah pengelolaan sumber daya alam (SDA), khususnya Bojonegoro,” ujar Ketua Panitia ESSAY COMPETITION, Imam Muhlas, Senin (12/3/2018).

Menurut Imam, ironi Lumbung Migas dan Kemiskinan senantiasa melekat dengan Bojonegoro seiring dengan meningkatnya intensitas industrialisasi minyak dan gas bumi (migas) di Bumi Malawapati.

Sebagai daerah lumbung migas, kata Imam, Bojonegoro telah menyumbang produksi siap jual (lifting) minyak bumi nasional secara signifikan. Selama lima tahun terakhir, produksi siap jual minyak bumi Bojonegoro mengalami peningkatan rata-rata 9 juta barel per tahun, dari sekitar 21 juta barel pada 2013 mencapai sekitar 57 juta barel pada 2017 (Triwulan III), mengiringi kenaikan Dana Bagi Hasil (DBH) dari minyak saja rata-rata mencapai Rp620 miliar per tahun.

Berkah minyak pun, lanjutnya, mendongkrak APBD Bojonegoro dari Rp2,1 triliun pada 2013 mencapai Rp3,4 triliun pada 2018. Capaian ini seolah tidak sebanding dengan tingkat penurunan kemiskinan yang terbilang lamban, rata-rata hanya 0,4% per tahun dalam lima tahun terakhir, dari 15,96% pada 2013 menjadi 14,34% saja pada 2017.

“Mentransformasikan berkah migas untuk pemerataan kesejahteraan rakyat senantiasa menjadi tantangan berat bagi Bojonegoro,” ungkapnya.

Oleh karenanya, pria yang juga Ketua TBM bojonegoro ini ingin mengajak semua elemen masyarakat untuk berkarya.

“Itulah kenapa peserta essay ini tidak dibatasi usia minimal dan maximal yang penting asal Bojonegoro,” tandasnya.

Sebagai informasi, pengiriman essay bisa dimulai hari ini dan paling lambat tanggal 20 April 2018. Dan, diumumkan pada 2 Mei 2018. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi 081332197999 atau Facebook (Ftbm Bojonegoro). (red/oni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here