Fakta, Konsumsi Tape Ketan Bisa Cegah Kanker

0
82
Foto: Ilustrasi

Reporter: –

kilasbojonegoro.com – Tape ketan adalah salah satu makanan khas Betawi, selain rasanya yang kecut manis, tapi ketan ini biasa dinikmati bersama ketan uli.

Tape ketan hitam adalah hasil fermentasi beras ketan hitam yang sebelumnya mendapat campuran ragi yang kemudian didiamkan dalam beberapa hari untuk mendapatkan hasil fermentasi berupa kandungan alkohol yang menyebabkan beras ketan hitam menjadi terasa manis menyegarkan.

Meski enak dan mudah ditemui di mana-mana, namun timbul rumor bahwa tape ketan tidak disarankan bagi ibu hamil. Di lain sisi, belum banyak yang tahu tentang manfaat dan gizi tape ketan.

Pakar Gizi dr Ida Gunawan, MS,SpGK menyebutkan bahwa tape ketan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

“Kadar probiotik dalam tape ketan sangat baik bagi pencernaan,” ujarnya kepada VIVA dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT Jumat (9/3/2018).

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa Probiotik adalah mikroorganisme yang memberikan manfaat dan menghasilkan asam organik (asam laktat) yang menjaga sistem pencernaan. Meski banyak probiotik baik, namun Ida menekankan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi tape ketan.

“Jumlahnya harus diperhatikan karena ada kandungan alkoholnya meski tak terlalu tinggi.”

Lalu bagaimana dengan ibu hamil yang mengonsumsi tape ketan ini, amankah? Berikut ini mitos dan fakta seputar tape ketan.

1. Tape ketan bisa tingkatkan sistem kekebalan tubuh?

“Fakta. Namun tergantung dari kondisi tubuh masing-masing orang. Semakin banyak probiotik yang masuk dalam tubuh dan bertahan hidup, maka menjaga kekebalan tubuhnya lebih baik.”

Lebih lanjut ia menyebut bahwa sebuah penelitian menemukan bahwa 1 ml kadar air tape ketan mengandung 1 juta mikroorganisme asam laktat, namun ada yang hidup dan ada yang mati saat masuk ke tubuh, akibat sistem pencernaan misalnya seperti terkena asam lambung.

2. Kolesterol jahat turun karena tape ketan

“Mitos. Hingga kini belum ada penelitian yang menyebut bahwa tape ketan bisa menurunkan kolesterol. Turunnya kadar kolesterol itu dikaitkan dengan serat, sedangkan tape ketan tak banyak mengandung serat, justru lebih banyak probiotik, karbohidrat karena dari ketan, vitamin B1, B2 dan zat besi,” ujarnya.

3. Tape ketan mengandung alkohol tinggi

“Mitos. Tape ketan memang mengandung alkohol tapi tidak tinggi. Kadarnya kecil sekali, hanya 3 persen per volume.”

4. Ibu hamil tak boleh konsumsi tape ketan?

“Mitos. Ibu hamil boleh konsumsi, asal tidak berlebihan. Karena dikhawatirkan kadar alkoholnya berpengaruh pada janin.”

5. Tape ketan bisa cegah kanker?

“Fakta. Ini dikaitkan dengan probiotik itu tadi yang menjaga lumen atau saluran cerna (lumen) sehingga mampu menjaga tubuh dan mengurangi risiko kanker. Namun perlu diperhatikan lagi soal dosis konsumsinya, jika terlalu banyak juga tidak baik bagi tubuh, terutama penderita gastritis.”

6. Anemia dapat sembuh karena makan tape ketan.

“Mitos. Meskipun mengandung zat besi namun kadarnya tak banyak. Dalam 100 gram ketan, mengandung zat besi sekitar 0,3 ml. Padahal untuk menyembuhkan harus melalui proses penilaian dosis terapi. Jumlahnya sangat besar.”

7. Baik untuk tulang?

“Fakta. Tape ketan kadar fosfornya tinggi sampai 106 ml, karena semua makanan fermentasi memang tinggi fosfor dan mineral yang bagus untuk pembentukan tulang dan gigi.” (oni)

Sumber: viva.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here