Beredar Pesan Berantai Berisi Rekrutmen Naker JTB, Rekind: Itu Hoax

0
1072

Reporter: Muhamad Fatoni

kilasbojonegoro.com – Beredar pesan singkat berantai melalui WhatsApp berisi kebutuhan tenaga kerja (naker) Proyek Gas Unitisasi Jambaran Tiung Biru (JTB) pada April 2018 sebanyak 1.733 orang.

Dalam pesan itu juga disampaikan persyaratan umum untuk melamar pekerjaan di Proyek JTB. Masyarakat disarankan menghubungi pihak Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Bojonegoro untuk mendapatkan informasi terkait rekrutmen naker yang dimaksud.

Suyanto, warga Bojonegoro mengaku menerima informasi itu dari seorang rekannya tadi malam. Meski demikian, dirinya tidak tahu kebenaran informasi tersebut.

“Benar atau tidaknya belum tahu,” ujar Suyanto.

Suntoro, warga Kecamatan Gayam Bojonegoro mengaku mendapatkan informasi itu dari akun Facebook (PT Rekayasa Industri engineering and construction). 

Atas beredarnya pesan berantai dan diupload melalui akun Facebook atas nama perusahaan, PT Rekayasa Industri (Rekind) memastikan jika informasi itu tidak benar.

“Kami yakin itu Hoax,” tegas Site Manager Rekind, Zainal Abidin, Jumat (30/3/2018).

Zainal menjelaskan, sejauh ini Rekind tidak mempunyai akun facebook. Dia menduga, informasi itu sengaja dibuat oleh orang yang tak bertanggungjawab agar gaduh.

“Kami (Rekind) tidak punya facebook. Itu bisa dari orang yang mengatasnamakan Rekind,” jelasnya.

Zainal menandaskan, informasi mengenai rekrutmen naker dari mainkon maupun subkon Proyek JTB telah dikoordinasikan bersama Disperinaker Bojonegoro dan kepala desa terkait.

Sehingga, pihaknya meminta kepada masyarakat agar selalu melakukan cek dan ricek terhadap sebaran informasi yang tidak jelas ataupun meragukan.

Berikut kutipan pesan singkat yang diupload melalui akun Facebook atas nama perusahaan dan disebar berantai lewat WhatsApp:

Selamat Malam.

Untuk informasi mengenai lowongan pekerjaan Proyek unitisasi pengembangan lapangan gas Jambaran-Tiung Biru (JTB) di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Anda bisa menghubungi Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Bojonegoro.
JTB.

Untuk persyaratan umum yakni :

– Domisili KTP sesuai atau berada di Daerah alokasi tenaga kerja.
– Berusia antara 18 tahun sampai 55 tahun.
– Memiliki Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
– Memiliki surat pencari kerja (Kartu Kuning) dari Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Bojonegoro
– Tidak sedang bekerja di perusahaan manapun.
– Harus terdaftar dalam data base.
– Memiliki pengalaman kerja sesuai bidangnya minimal satu tahun.
– Untuk pekerjaan skill harus memiliki sertifikat sesuai keahlihan.

Proyek EPC GPF ini akan berlangsung selama 36 bulan. Untuk tahun pertama 2018, kebutuhan naker sebanyak 1.733 orang yang akan dimulai pada April.

Terima Kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here