80 Pemuda di 4 Kecamatan Dilatih Wirausaha

0
94
80 Pemuda di 4 Kecamatan Dilatih Wirausaha

Oleh: M. Fatoni

kilasBojonegoro.com – Operator Lapangan Gas Unitisasi Jambaran-Tiung Biru (J-TB), PT Pertamina EP Cepu (PEPC) berkomitmen memberikan kontribusi terhadap masyarakat di sekitar wilayah operasinya.

Ini dibuktikan dengan berbagai program pelatihan peningkatan kapasitas lokal. Seperti pada hari ini, Kamis (1/12/2016), anak usaha PT Pertamina (Persero) itu memberikan pelatihan kewirausahaan kepada 80 pemuda dari 18 desa di 4 kecamatan di Bojonegoro. Yakni, Kecamatan Ngasem, Gayam, Purwosari dan Kecamatan Tambakrejo.

Adapun pelatihan kewirausahaan itu, sablon, kerajinan tangan, pengolahan hasil pertanian, dan service motor.

Pelatihan ini bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Bojonegoro dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) Bojonegoro.

Menurut perwakilan PEPC, Edi Arto, pemberian pelatihan ini sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat di sekitar wilayah operasi.

Diharapkan, dengan adanya pelatihan ini, para pemuda bisa menciptakan peluang usaha sesuai kemampuan di bidangnya.

Salah satu peserta, Agus Sutikno mengaku mendapat manfaat dari pelatihan tersebut. Agus juga mengaku sejak dulu mempunyai keinginan membuka usaha sablon di desa.

“Terima kasih PEPC,” ucap pria asal Desa Bandungrejo Kecamatan Ngamen tersebut.

Sementara itu, perwakilan UPT BLK Bojonegoro, Takhiyat berpesan pada para peserta pelatihan membangun mental wirausaha dari sekarang.

“Alat bisa dibeli, namun kemauan untuk wirausaha harus dibangun dari keinginan yang tinggi,” pesannya.

Pelatihan kewirausahaan ini telah berlangsung sejak 29 November 2016 lalu. (gus/roz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here