75 Pemuda Ikut Pelatihan Sertifikasi Migas

0
164

Reporter: Muhamad Fatoni

kilasbojonegoro.com – Sebanyak 75 pemuda berkesempatan mengikuti pembukaan Program Pelatihan dan Sertifikasi Keterampilan Industri Migas di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Migas Cepu, Senin (19/3/2018).

75 pemuda tersebut dari 12 desa di 4 kecamatan di Kabupaten Bojonegoro. Di antaranya, Bandungrejo, Dolokgede, Pelem, Gayam, Mojodelik, Kalisumber, Kaliombo, Mediyunan, Ringintunggal, Ngadiluwih, Sumengko, Ngasem dan Katur.

Mereka akan terbagi dalam beberapa segmen pelatihan, yakni Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Rigger dan Scaffolder.

Program yang digagas Operator Gas Jambaran Tiung Biru, PT Pertamina EP Cepu (PEPC) ini bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Bojonegoro dan Lembaga Informasi dan Komunikasi Masyarakat Banyuurip Bangkit (LIMA 2B).

Dalam sambutannya, Kadisperinaker Bojonegoro, Agus Supriyanto berpesan kepada para peserta agar senantiasa bersyukur dan berbangga. Karena, 75 peserta pelatihan ini adalah pemuda-pemuda terbaik dari sekitar wilayah operasi PEPC, yang sudah melalui tahap seleksi dari 120 peserta.

“Jangan hanya menggantungkan kesempatan kerja di proyek JTB, tapi harus siap bersaing di dunia kerja global,” pesannya.

Berdasarkan data di Disperinaker Bojonegoro, sejak 2015 PEPC telah melakukan Pelatihan & sertifikasi Industri Migas dengan berbagai jurusan. Di antaranya: K3 operator, Rigger, Scafolder, Welder, Pipefitter yang sebagian besar telah terserap di dunia kerja. Terdapat sekitar 270 pemuda dihasilkan dari program pelatihan dan sertifikasi PEPC.

Kepala PPSDM Migas Cepu, Wakhid Hasyim berharap, peserta mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh dan konsentrasi tinggi agar proses sertifikasi menjadi lebih mudah.

Kegiatan ini dihadiri Perwakilan SKK Migas Jabanusa, yaitu Yustian Hakiki dan Singgih Perdana. Juga Kepala Bappeda Bojonegoro, Nyoman Sudana dan Ike Widyaningrum dan Ketua Forum CSR Bojonegoro, Muh. Subeki. (red/oni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here