10 Panduan Percepat Penurunan Berat Badan

0
118
Foto: Ilustrasi (kompas.com)

Reporter: –

kilasbojonegoro.com – Melakukan diet alami adalah solusi paling aman untuk menurunkan berat badan. Tapi, bisa jadi kamu masih bingung kira-kira kebiasaan apa yang harus dilakukan, selain mengatur pola makan, untuk mendukung tujuan itu?

Nah, berikut adalah panduan yang mungkin bisa menjadi inspirasi agar lebih bersemangat mencapai target penurunan berat badan secara alami.

1. Buat target realistis

Meskipun kamu punya target mengurangi berat badan dalam jumlah besar, buatlah target kecil untuk mingguan atau bulanan sebagai batu pijakan menuju ke tujuan yang lebih besar.

Misalnya, kamu menargetkan olahraga lima kali dalam seminggu atau target kecil lainnya. Catat pada sebuah buku catatan, kalender atau laptop untuk mengatur target tersebut. Catat makanan apa saja yang diasup, termasuk olahraganya.

2. Konsumsi tiga makanan ini setiap makan

Untuk merasa kenyang dalam waktu yang lama, makanlah protein (20 hingga 30 gram), karbohidrat (40 hingga 75 gram) dan lemak sehat (6 hingga 25 gram) setiap makan.

Pilih makanan dengan protein nabati, seperti ayam panggang atau tahu, dan karbohidrat kompleks, seperti ubi panggang, ketimbang karbohidrat olahan. Biji-bijian dan lemak tidak jenuh, seperti kacang dan alpukat, juga direkomendasikan untuk memberi rasa kenyang lebih lama.

3. Buat jurnal makanan

Saat memutuskan untuk mengurangi berat badan, penting untuk mengetahui jumlah kalori yang dikonsumsi setiap harinya. Dengan begitu, kita jadi punya patokan berapa yang harus dikonsumsi jika ingin mengurangi angka timbangan.

Ingatlah untuk mencatat setiap makanan yang dikonsumsi dengan akurat. Bisa juga dengan mengambil foto makanan tersebut untuk membuatmu ingat. Tidak hanya untuk menghitung kalori, tapi untuk mengingkatkan apakah makanan yang dikonsumsi sehat atau tidak.

4. Lakukan dua olahraga ini

Buatlah komitmen untuk berolahraga setiap harinya. Misalnya, melakukan kardio dan pembentukan otot lima kali dalam seminggu dengan durasi 45 hingga 60 menit setiap harinya.

Sementara dua hari lainnya bisa menjadi sesi istirahat. Kamu bisa mengisinya dengan yoga ringan atau berjalan kaki.

Aktivitas kardio mampu membakar lemak, sedangkan angkat beban bisa memperlancar metabolisme tubuh yang akn membantumu mendapatkan massa otot sehingga kalori yang terbakar bisa lebih banyak.

5. Minum banyak air

Minumlah air sekitar 2000 hingga 3000ml setiap harinya. Jika bosan meminum air selingi dengan meminum air lemon segar atau air dengan potongan buah-buahan untuk menambah rasa.

Hindari soda, jus dan susu. Konsumsilah hanya air segar. Dengan nol kalori, air tidak hanya membuat tubuh terhidrasi dan tidak mudah lapar.

6. Sertakan sayur dalam setiap makanan

Pakar diet tersertifikasi, Leslie Langevin, MS, RD, CD dari Whole Health Nutrition mengatakan bahwa ada hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk mewujudkan keinginan kita menurunkan berat badan, yaitu makan lebih banyak sayuran. Sebab, sayuran mengandung sedikit kalori dan kaya serat.

7. Tidur cukup

Kurang tidur bisa menambah berat badan. Sebab, ini akan menurunkan tingkat hormon pengatur rasa lapar, Leptin, dan meningkatkan tingkat hormon Glerin yang memicu nafsu makan.

Sejumlah penelitian mengatakan bahwa perempuan yang tidak cukup tidur rata-rata mengkonsumsi 300 kalori lebih daripada mereka yang tidur cukup. Jadi, coba lah untuk tidur tidak terlalu larut dan tidur selama kurang lebih 7 jam.

8. Simpan rasa lapar di pikiran

Menghitung kalori adalah satu cara untuk mengurangi berat badan, tapi ini harus menjadi gaya hidup. Tidak mudah memang, tapi kita harus pandai mengontrol porsi makan. Jangan makan kecuali saat lapar dan makan lah hingga kamu merasa cukup, bukan merasa kekenyangan.

9. Terapkan pola 80/20

Makan sehat setiap waktu dan mengikuti pola yang dikenal dengan 80/20 bisa membantumu menurunkan berat badan. Pola 80/20 adalah gaya hidup untuk mengkonsumsi buah, sayur segar, biji-bijian, protein nabati, dan lemak sehat sebanyak 80 persen. Kamu juga harus mengurangi asupan gula, makanan olahan dan alkohol.

Sementara 20 persennya kamu bisa menikmati makanan seperti cokelat, bahkan kentang goreng. Dengan mengatur pola makan ini, kamu tidak akan merasa kehilangan kesempatan makan makanan favoritmu.

10. Pantau perkembangannya

Setelah melakukan tahap-tahap di atas, jangan lupa untuk memantau perkembangan berat badanmu. Selain menimbang berat badan, kamu bisa mengambil foto diri setiap bulan, mengukur presentasi lemak tubuh dan tetap mencatat jurnal kebugaran untuk melihat perkembangan dalam melakukan olahraga.

Apa yang kamu rasakan juga bisa menjadi patokan. Jika kamu merasa hebat dan pakaian-pakaianmu tak lagi sempit, mungkin tak perlu terlalu sering menimbang berat badan. (oni)

 

Sumber: https://lifestyle.kompas.com/read/2018/03/06/150000220/10-kebiasaan-rutin-untuk-percepat-penurunan-berat-badan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here